Home Mengasah Spiritual Mencerdaskan Intelektual: RPP Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil K.13

2016/02/01

RPP Bahasa Arab Kelas VII Semester Ganjil K.13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Satuan Pendidikan
: MTs. Nurul Islam Sekarbela
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester
: VII / I
Tema
: التعريف بالنفس
Materi Pokok
: Mendengar ( الاستماع ) tentang: التعريف بالنفس
Alokasi Waktu
: 3 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1  Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3            Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman

2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التعريف بالنفس baik secara lisan maupun tulisan

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
3.1.1  Menirukan langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.2  Menyebutkan kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.3  Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.4  Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.5  Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.6  Mengidentifikasi arti dari bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.7  Menyalin/menulis kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.8  Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menkomunikasikan tentang topik التعريف بالنفس siswa dapat menirukan memperagakan, dan menunjukkan gambar dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
مهارة الاستماع  tentang: التعريف بالنفس

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Scientific Method (metode ilmiah)
2.      Tanya jawab
3.      Sam’iyah Syafawiyah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (120 Menit)
Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
Pendahuluan
(10 Menit)
Kegiatan Guru
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
5.      Guru mengajukan pertanyaan – pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
6.      Guru mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan yang dihadapi kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
7.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta bentuk tes dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakannya.
Siswa dengan khidmat dan santun
1.      Menjawab salam
2.      Membaca do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3.      Mendengarkan guru mengabsen
4.      Merespon pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari dengan serius
5.      Menyimak tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru
Kegiatan Inti
(80 Menit)
Mengamati dengan teliti
1.      Siswa mengamati pelafalan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang التعريف بالنفس
2.      Siswa menirukan pelafalan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang التعريف بالنفس
3.      Siswa mengamati gambar sesuai gambar dengan teks gambar yang disajikan
Menanya dengan santun
4.      Siswa melakukan Tanya jawab dengan menggunakan kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab tentang التعريف بالنفس baik secara individu maupun kelompok
5.      Siswa menanyakan materi tentang التعريف بالنفس yang belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
6.      Siswa melafalkan materi tentang التعريف بالنفس
7.      Siswa menunjukkan gambar atau memperagakannya sesuai dengan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
8.      Siswa melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
Menalar dengan terampil
9.      Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
10.  Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
11.  Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan.
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru meminta siswa mengulangi kata, frasa, dan kalimat tentang التعريف بالنفس yang telah diajarkan
2.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan
3.      Guru meminta siswa agar membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topik materi dalam bahasa Arab
4.      Guru menegaskan siswa untuk mengerjakan tugas latihan tentang istima’ yang terdapat dalam buku
5.      Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
6.      Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan memberi salam.

Tugas Terstruktur (20 Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.     Mengarahkan siswa untuk focus pada materi
2.     Memberikan instruksi kepada siswa untuk siap melakukan tugas terstruktur
3.     Mengarahkan siswa untuk melafalkan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
4.     Mengarahkan siswa  untuk menyilang pilihan yang tepat dari pilihan yang tersedia berupa (kata, frasa, dan kalimat) sesuai yang diperdengarkan
5.     Mengarahkan siswa untuk memperagakan sesuai dengan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
6.     Mengarahkan siswa untuk menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
1.    Memperhatikan arahan guru
2.    Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai instruksi
3.    Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan
4.    Memilih jawaban yang tepat dari pilihan yang tersedia sesuai kata, frasa, atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5.    Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan
6.    Siswa memilih/ menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan


Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan mendengar cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, internet, dll).


H.    MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                          : Papan tulis, laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.      Alat/Bahan                  : Gambar/tulisan kertas
3.      Sumber Belajar            : Buku Paket Bahasa Arab Kelas VII, Kamus

I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performansi
2.      Penilaian Sikap

a.      Penilaian Performansi
Indikator Pembelajaran I
(Melafalkan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Makhraj
1 – 4
Makhraj sudah tepat
4
Makhraj cukup tepat
3
Makhraj kurang tepat
2
Makhraj tidak tepat
1
2
Pelafalan
1 – 4
Pelafalan sudah tepat
4
Pelafalan cukup tepat
3
Pelafalan kurang tepat
2
Pelafalan tidak tepat
1
3
Kelancaran
1 – 4
Sudah lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1

Skor Maksimal
12

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = ……  x 100 = …...
                        Jumlah Skor Maksimal                 12


Indikator Pembelajaran II, III dan IV
(Menunjukkan tulisan, memperagakan dan menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor




1
Tulisan
1- 4
Tulisan sudah tepat
4
Tulisan cukup tepat
3
Tulisan  kurang tepat
2
Tulisan tidak tepat
1




2
Peragaan
1- 4
Peragaan sudah tepat
4
Peragaan cukup tepat
3
Peragaan kurang tepat
2
Peragaan tidak tepat
1




3
Gambar
1- 4
Gambar sudah tepat
4
Gambar cukup tepat
3
Gambar kurang tepat
2
Gambar tidak tepat
1

Skor Maksimal
12


Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal                12

b. Penilaian Sikap (observasi)

No

Aspek yang diobservasi
Pilihan Jawaban


SKOR
Selalu
Sering
Kadang-
kadang
Tidak
Pernah
1
Antusiasme dalam belajar





2
Bertanggung jawab/peduli





3
Percaya diri dalam berinteraksi





4
Menghargai orang lain





5
Santun







JUMLAH







No

Keterangan

Jumlah Skor
1
Baik Sekali/Selalu
76-100
2
Baik / Sering
51-75
3
Cukup/Kadang-kadang
26-50
4
Kurang/Tidak pernah
0-25
Rentang Skor Sikap
Penskoran :       Nilai = Jumlah  Skor  Jawaban
                                                      5
Penilaian Tugas Tidak Terstruktur

No

Aspek yang dinilai

Skor






1

Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).

1 – 5
Selalu
5
Sering
4
Kadang-kadang
3
Pernah
2
Tidak Pernah
1

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
                        Jumlah Skor Maksimal                 5

5

J.      REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching) selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.

K.    INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar  penilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.



Mataram, 10 Juli 2015
Mengetahui
Kepala MTs. Nurul Islam
Guru Bidang Studi



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Satuan Pendidikan
: MTs. Nurul Islam Sekarbela
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester
: VII / I
Tema
: التعريف بالنفس
Materi Pokok
: Berbicara ( الكلام ) tentang: التعريف بالنفس
Alokasi Waktu
: 3 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik التعريف بالنفس dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang التعريف بالنفس dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang التعريف بالنفس

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
4.1.1  Menirukan contoh ungkapan sederhana
4.1.2  Menghafalkan ungkapan sederhana
4.1.3  Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
4.2.1  Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks           
4.2.2  Memperagakan teks hiwar dengan tepat
4.2.3  Mampu bertanya dan menjawab dengan dmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.4  Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
4.3.1  Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menkomunikasikan, siswa dapat mendemonstrasikan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, merespon, dan menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang التعريف بالنفس

E.     MATERI PEMBELAJARAN
مهارة الكلام  tentang: التعريف بالنفس

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Scientific Method (metode ilmiah)
2.      Tanya jawab
3.      Intiqa’iyah (eklektik)

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (120 Menit)
Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Memberi salam, berdo’a bersama, dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah.
2.      Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
3.      Siswa menyiapkan buku paket bahasa Arab
4.      Guru mengabsen siswa
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (apersepsi)
6.      Guru mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
(80 Menit)
Kegiatan ke-1
1.      Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang terkait dengan materi
2.      Siswa diminta untuk mendengarkan/mengamati rekaman/tanyangan yang diprogramkan
3.      Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan pembelajaran yaitu contoh Tanya jawab dengan jawabannya
4.      Guru memperdengarkan bahan pembelajarannya kembali, kemudian siswa menirukan/ melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dapat diulang lebih dari satu kali.
Kegiatan ke-2
5.      Dengan menggunakan alat peraga, berupa gambar/tulisan di kertas, guru memberikan contoh Tanya jawab seperti pada kegiatan pertama
6.      Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya untuk menanya makna ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman siswa guru bertanya secara acak kepada siswa
7.      Siswa mencoba/ melakukan Tanya jawab sesuai dengan ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang diberikan oleh guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, kemudian secara individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang.
Kegiatan ke-3
8.      Guru mengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh siswa lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru membagikan alat peraga kepada siswa yang berada di lingkaran kecil
9.      Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan siswa yang memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
10.  Kemudian siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara Siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
11.  Selanjutnya, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang memegang alat peraga dan bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian seterusnya.
12.  Selama kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performan siswa, sesuai dengan lembar pengamatan.
13.  Di akhir kegiatan, guru memberikan balikan (koreksian mengenai kekeliruan yang dilakukan oleh Siswa) dan/atau informasi tambahan atau ungkapan-ungkapan lain dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
14.  Siswa memantapkan pemahaman  makna kalimat yang terkandung dalam naskah (Penalaran)
Penutup
( 10 Menit)
1.    Guru meminta siswa mengulangi kata, frasa, dan kalimat tentang التعريف بالنفس yang telah diajarkan
2.    Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan
3.    Guru meminta siswa agar membiasakan mengucapkan hal yang terkait dengan topik materi dalam bahasa Arab
4.    Guru menegaskan siswa untuk mengerjakan tugas latihan tentang istima’ yang terdapat dalam buku
5.    Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
6.    Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan memberi salam.

Tugas Terstruktur (20 Menit)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.      Mengarahkan siswa untuk focus pada materi
2.      Memberikan instruksi kepada siswa untuk siap melakukan tugas terstruktur
3.      Mengarahkan siswa untuk melafalkan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
4.      Mengarahkan siswa  untuk menyilang pilihan yang tepat dari pilihan yang tersedia berupa (kata, frasa, dan kalimat) sesuai yang diperdengarkan


5.      Mengarahkan siswa untuk memperagakan sesuai dengan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
6.      Mengarahkan siswa untuk menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan
1.      Memperhatikan arahan guru

2.      Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai instruksi
3.      Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan

4.      Memilih jawaban yang tepat dari pilihan yang tersedia sesuai kata, frasa, atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5.      Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan
6.      Siswa memilih/ menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi (kata, frasa, dan kalimat) yang diperdengarkan


Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan berbicara cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, internet, dll).

H.    MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
4.      Media                          : Papan tulis, laptop, LCD, Slide Powerpoint
5.      Alat/Bahan                  : Gambar/tulisan kertas
6.      Sumber Belajar            : Buku Paket Bahasa Arab Kelas VII, Kamus

I.       PENILAIAN
3.      Penilaian Performansi
4.      Penilaian Sikap

b.      Penilaian Performansi
Indikator Pembelajaran I
(Melafalkan bunyi kata, frasa, dan kalimat yang diperdengarkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Makhraj
1 – 4
Makhraj sudah tepat
4
Makhraj cukup tepat
3
Makhraj kurang tepat
2
Makhraj tidak tepat
1
2
Pelafalan
1 – 4
Pelafalan sudah tepat
4
Pelafalan cukup tepat
3
Pelafalan kurang tepat
2
Pelafalan tidak tepat
1
3
Kelancaran
1 – 4
Sudah lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1

Skor Maksimal
12

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = ……  x 100 = …...
                        Jumlah Skor Maksimal                 12






Indikator Pembelajaran II, III dan IV
(Menunjukkan tulisan, memperagakan dan menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor




1
Tulisan
1- 4
Tulisan sudah tepat
4
Tulisan cukup tepat
3
Tulisan  kurang tepat
2
Tulisan tidak tepat
1




2
Peragaan
1- 4
Peragaan sudah tepat
4
Peragaan cukup tepat
3
Peragaan kurang tepat
2
Peragaan tidak tepat
1




3
Gambar
1- 4
Gambar sudah tepat
4
Gambar cukup tepat
3
Gambar kurang tepat
2
Gambar tidak tepat
1

Skor Maksimal
12


Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
     Jumlah Skor Maksimal                12


b. Penilaian Sikap (observasi)

No

Aspek yang diobservasi
Pilihan Jawaban


SKOR
Selalu
Sering
Kadang-
kadang
Tidak
Pernah
1
Antusiasme dalam belajar





2
Bertanggung jawab/peduli





3
Percaya diri dalam berinteraksi





4
Menghargai orang lain





5
Santun






JUMLAH







No

Keterangan

Jumlah Skor
1
Baik Sekali/Selalu
76-100
2
Baik / Sering
51-75
3
Cukup/Kadang-kadang
26-50
4
Kurang/Tidak pernah
0-25
Rentang Skor Sikap

Penskoran :       Nilai = Jumlah  Skor  Jawaban


Penilaian Tugas Tidak Terstruktur


No

Aspek yang dinilai

Skor






1

Membiasakan berbicarakan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).

1 – 5
Selalu
5
Sering
4
Kadang-kadang
3
Pernah
2
Tidak Pernah
1

Nilai Akhir = Jumlah Skor     Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
   Jumlah Skor Maksimal                 5

5


J.      REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching) selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.

K.    INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar  penilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.



Mataram, 10 Juli 2015
Mengetahui
Kepala MTs. Nurul Islam
Guru Bidang Studi



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Satuan Pendidikan
: MTs. Nurul Islam Sekarbela
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester
: VII / I
Tema
: التعريف بالنفس
Materi Pokok
: Membaca ( القراءة ) tentang: التعريف بالنفس
Alokasi Waktu
: 3 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
3.2.1   Membaca huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar
3.2.2   Menentukan arti kosakata dalam teks
3.2.3   Menerjemahkan frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks
3.2.4   Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat
3.3.1   Menentukan tema teks
3.3.2   Menceritakan kembali isi teks
3.3.3   Meringkas secara lisan isi teks dengan bahasa Arab

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menkomunikasikan tentang topik التعريف بالنفس , siswa dapat membaca teks qira’ah dan menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungannya dan mampu mengambil teladan dari kandungan teks qira’ah serta mempraktikkannya dalam kehidupan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
مهارة القراءة  tentang: التعريف بالنفس

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Scientific Method (metode ilmiah)
2.      Tanya jawab
3.      Qawa’id wa tarjamah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (120 Menit)
Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Memberi salam, berdo’a bersama, dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah.
2.      Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
3.      Siswa menyiapkan buku paket bahasa Arab
4.      Guru mengabsen siswa
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (apersepsi)
6.      Guru mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
(80 Menit)
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
1.      Menyimak bacaan teks qira’ah
2.      Mencermati isi kandungan teks qira’ah
Menanya
3.      Menanyakan makna kata (mufradat) baru dalam teks qira’ah
4.      Menanyakan tentang isi kandungan teks qira’ah
5.      Menanyakan unsure kebahasaan yang terkandung di teks qira’ah
Mengumpulkan data / eksplorasi
6.      Mendiskusikan isi kandungan teks qira’ah
7.      Menganalisis unsur kebahasaan teks qira’ah
8.      Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yang terkandung dalam teks qira’ah
Mengasosiasi
9.      Membuat kesimpulan, rumusan, dari isi kandungan teks qira’ah
Mengkomunikasikan
10.  Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok secara lisan
11.  Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah.
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru meminta siswa kembali membaca teks qira’ah sebagai penutup materi pembelajaran
2.      Guru meminta agar para siswa membiasakan membaca tek qira’ah
3.      Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan memberi salam.

Tugas Terstruktur (20 Menit)
1.      Membaca teks qira’ah
2.      Menerjemahkan isi teks qira’ah yang dibaca
3.      Menjawab soal tentang teks qira’ah yang dibaca.

Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

H.    MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                          : Papan tulis, laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.      Alat/Bahan                  : Gambar/tulisan kertas
3.      Sumber Belajar            : Buku Paket Bahasa Arab Kelas VII, Kamus

I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performansi (tes lisan dan non tes)
2.      Penilaian Sikap

·         Penilaian Performansi
(Membaca dan menerjemahkan teks qira’ah serta menjawab beberapa soal yang sesuai dengan isinya)
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan Makhraj
1 – 4
Makhraj pelafalan ungkapan sudah sesuai dan tepat
4
Makhraj pelafalan ungkapan cukup sesuai dan cukup tepat
3
Makhraj pelafalan ungkapan kurang sesuai dan kurang tepat
2
Makhraj pelafalan ungkapan tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Kelancaran
1 – 4
Sudah lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
3
Ketepatan terjemah
1 – 4
Terjemahan sangat tepat
4
Terjemahan cukup tepat
3
Terjemahan kurang tepat
2
Terjemahan tidak tepat
1
4
Ketepatan jawaban dan pelafalan

Jawaban dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat

Jawaban dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup tepat

Jawaban dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang tepat

Jawaban dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak tepat


Skor Maksimal
16

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = ……  x 100 = …...
                        Jumlah Skor Maksimal                 16


            Non Tes/ Tugas ( membiasakan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar).




           
Indikator Pembelajaran II, III dan IV
(Menunjukkan tulisan, memperagakan dan menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor




1
Tulisan
1- 4
Tulisan sudah tepat
4
Tulisan cukup tepat
3
Tulisan  kurang tepat
2
Tulisan tidak tepat
1




2
Peragaan
1- 4
Peragaan sudah tepat
4
Peragaan cukup tepat
3
Peragaan kurang tepat
2
Peragaan tidak tepat
1




3
Gambar
1- 4
Gambar sudah tepat
4
Gambar cukup tepat
3
Gambar kurang tepat
2
Gambar tidak tepat
1

Skor Maksimal
12


Nilai Akhir = Jumlah  Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ......
Jumlah Skor Maksimal                 12


Penilaian Sikap (observasi)

No

Aspek yang diobservasi
Pilihan Jawaban


SKOR

Selalu

Sering
Kadang-
kadang
Tidak
Pernah
1
Antusiasme dalam belajar





2
Bertanggung jawab/peduli





3
Percaya diri dalam berinteraksi





4
Menghargai orang lain





5
Santun






JUMLAH







No

Keterangan

Jumlah Skor
1
Baik Sekali/Selalu
76-100
2
Baik / Sering
51-75
3
Cukup/Kadang-kadang
26-50
4
Kurang/Tidak pernah
0-25
Rentang Skor Sikap
Penskoran :       Nilai = Jumlah  Skor  Jawaban
                                                      5
Penilaian Tugas Tidak Terstruktur


No

Aspek yang dinilai

Skor






1

Membiasakan membacakan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).

1 – 5
Selalu
5
Sering
4
Kadang-kadang
3
Pernah
2
Tidak Pernah
1

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal                5

5



J.      REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching) selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.

K.    INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar  penilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.


Mataram, 10 Juli 2015
Mengetahui
Kepala MTs. Nurul Islam
Guru Bidang Studi



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Satuan Pendidikan
: MTs. Nurul Islam Sekarbela
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester
: VII / I
Tema
: التعريف بالنفس
Materi Pokok
: Menulis ( الكتابة ) tentang: التعريف بالنفس
Alokasi Waktu
: 3 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, menulis, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang التعريف بالنفس dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5  Menyusun teks sederhana tentang topik التعريف بالنفس dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
4.4.1   Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar
4.4.2   Mengenal konsep struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.3   Mengenal ciri-ciri dari struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.4   Membedakan dua pola bentukan kata/pola kalimat
4.4.5   Membaca kalimat yang berstruktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.6   Mengidentifikasi bentuk kata tertentu dalam teks
4.4.7   Mengidentifikasi pola kalimat dalam teks
4.5.1   Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
4.5.2   Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna 
4.5.3   Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
4.5.4   Menyusun kalimat dengan pola tertentu sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
4.5.5   Menulis wacana yang diperdengarkan (dikte)

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menkomunikasikan tentang topik التعريف بالنفس , siswa dapat melengkapi kalimat dengan ungkapan yang benar dan menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
مهارة الكتابة  tentang: التعريف بالنفس

F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Scientific Method (metode ilmiah)
2.      Cooperative Learning
3.      Qawa’id wa tarjamah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (120 Menit)
Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
Pendahuluan
(10 Menit)
Kegiatan Guru :
1.      Memberi salam, menanyakan kabar siswa, berdo’a bersama, dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah.
2.      Mengabsen siswa
3.      Menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan

Kegiatan Siswa :
4.      Menjawab salam dan pertanyaan dari guru, kemudian berdo’a bersama
5.      Menjawab dan menyebut siswa yang tidak hadir
6.      Memperhatikan dengan seksama.
Kegiatan Inti
(80 Menit)
Kegiatan Guru:
1.      Membagi kelompok siswa , tiap kelompok terdiri dari 4 orang
2.      Mengarahkan siswa untuk berkumpul dengan kelompoknya
3.      Memberi instruksi tentang tugas kelompok dan mengawasi kerja kelompok siswa
4.      Memberikan tugas kelompok
5.      Membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas kelompoknya tentang menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana yang telah dipelajari
6.      Meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
7.      Meminta setiap kelompok untuk mengkritisi hasil kerja kelomppok lain

Kegiatan Siswa :
8.      Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
9.      Berkumpul dengan kelompoknya
10.  Mengamati instruksi yang diberikan guru dan menanya hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
11.  Secara berkelompok, masing-masing mengamati teks tulis sebagai bahan diskusi, kemudian mendiskusikan materi yang menjadi tugasnya (penggalian data)
12.  Secara berkelompok, menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
13.  Secara berkelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
14.  Secara bergantian, mengkritisi hasil kerja kelompok lain.
Penutup
(10 Menit)
Kegiatan Guru :
1.      Menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
2.      Memberikan pertanyaan / soal latihan tentang materi yang sudah dipelajari
3.      Menjelaskan dan meluruskan konsep jika ada yang kurang tepat
4.      Merefleksikan proses pembelajaran yang telah berlangsung, bersama siswa, meliputi: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
5.      Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih memahami materi yang dipelajari
6.      Menutup pelajaran dengan menulis hamdalah, do’a dan memberi salam.

Kegiatan Siswa :
7.      Mendengarkan kesimpulan dari guru
8.      Menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari
9.      Mendengar penjelasan dari guru
10.  Mengungkapkan refleksi proses pembelajaran, kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi dalam memahami materi
11.  Memperhatikan dengan khidmat
12.  Berdo’a bersama dan menjawab salam.

Tugas Terstruktur (20 Menit)
4.      Melengkapi kalimat yang belum sempurna sehingga menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami
5.      Menyusun kalimat acak, sehingga menjadi paragraph yang benar dan dapat dipahami
6.      Menyusun kalimat sederhana yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ والخبر

Tugas Tidak Terstruktur
Menulis 5 ayat al-Qur’an atau dari sumber lain yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ والخبر

H.    MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                          : Papan tulis, laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.      Alat/Bahan                  : Gambar/tulisan kertas
3.      Sumber Belajar            : Buku Paket Bahasa Arab Kelas VII, Kamus


I.       PENILAIAN
1.      Teknik             : Tes dan Non tes
2.      Bentuk                        : Tertulis dan Observasi
3.      Instrumen        :




a.      Penilaian Performansi
(Melengkapi kalimat yang belum lengkap, menyusun kata acak dan menulis kalimat sederhana sesuai struktur yang diprogramkan)
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan melengkapi kalimat dengan kata/ungkapan
1 – 4
Sesuai dan tepat
4
Cukup sesuai dan cukup tepat
3
Kurang sesuai dan kurang tepat
2
Tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Menyusun kalimat
1 – 4
Sudah tepat
4
Cukup tepat
3
Kurang kurang
2
Tidak tepat
1
3
Menulis kalimat sesuai dengan struktur
1 – 4
Tepat dan sesuai struktur
4
Cukup tepat dan sesuai struktur
3
Kurang tepat dan tidak sesuai struktur
2
Tidak tepat dan tidak sesuai struktur
1

Skor Maksimal
12

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = ……  x 100 = …...
                        Jumlah Skor Maksimal                 12


            Non Tes/ Tugas
(Menulis 5 ayat al-Qur’an atau sumber lainnya yang mengandung struktur kalimat yang diprogramkan).

b. Penilaian Sikap (observasi)


No

Aspek yang diobservasi
Pilihan Jawaban


SKOR

Selalu

Sering
Kadang-
kadang
Tidak
Pernah
1
Antusiasme dalam belajar





2
Bertanggung jawab/peduli





3
Percaya diri dalam berinteraksi





4
Menghargai orang lain





5
Santun







JUMLAH







No

Keterangan

Jumlah Skor
1
Baik Sekali/Selalu
76-100
2
Baik / Sering
51-75
3
Cukup/Kadang-kadang
26-50
4
Kurang/Tidak pernah
0-25

Rentang Skor Sikap
Penskoran :       Nilai = Jumlah  Skor  Jawaban
                                                      5
J.      REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching) selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.

K.    INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar  penilaian  kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga  dengan  mengunakan  buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.



Mataram, 10 Juli 2015
Mengetahui
Kepala MTs. Nurul Islam
Guru Bidang Studi



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I



ZULKIFLI, S.Pd.I, M.H.I

No comments:

Post a Comment