PROGRAM KERJA
WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
DISUSUN OLEH:
ZULKIFLI,
S.Pd.I, M.H.I
MTs AL RAISIYAH SEKARBELA
Jl. Sultan Kaharuddin Sekarbela Telp.
(0370) 621245
KATA PENGANTAR
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya mutu akademis siswa,
maka diperlukan adanya pembenahan–pembenahan secara teratur dan terus menerus
di berbagai jenis kegiatan siswa, baik kegiatan kurikuler maupun
ekstrakulikuler. Sejalan dengan itu, maka kegiatan pengajaran harus dikembangkan
dan dikelola secara profesional, baik dalam perencanaan program maupun
mekanisme pengelolaan organisasi sehingga seluruh komponen madrasah mempunyai
kesamaan langkah dan pemahaman dalam mencapai tujuan.
Program Kerja ini kami susun berdasarkan realisasi program tahun
sebelumnya sebagai acuan dalam pembuatan program kegiatan pembelajaran
(Kurikulum) MTs Al Raisiyah Sekarbela 2013/2014.
Kami menyadari, bahwa penyusunan program ini jauh dari sempurna, oleh
karenanya kritik dan saran kami harapkan demi kesempurnaan dan peningkatan
program kerja yang akan datang.
Akhirnya kami berharap dengan adanya program dapat direalisasikan
sehingga peningkatan mutu akademis siswa dapat tercapai sebagaimana yang
tercantum dalam visi dan misi madrasah.
Mataram, Juli 2013
Wakamad Kurikulum
Zulkifli, S.Pd.I, M.H.I
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Tujuan Pendidikan Nsional adalah meningkatkan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa, Kecerdasan dan Keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat
kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air agar dapat
membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan
bangsa.
Berangkat dari dasar tersebut di atas bahwa penyusunan program kurikulum
(pengajaran) sangatlah diperlukan dalam rangka menumbuh-kembangkan serta
meningkatkan potensi dan kreasi siswa melalui berbagai macam kegiatan yang pada
tujuan akhirnya adalah memiki bekal pendidikan, kemampuan Keterampilan
pengetahuan yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat pada
umumnya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut Waka Kurikulum mencoba menyusun program-program
secara komprehensif, meliputi :
- Personalia (Kepala Madrasah, Guru, Staf Tata Usaha)
- Pembiayaan
- Kegiatan Pembelajaran
- Evaluasi
- Pengembangan Profesi
- Tindak Lanjut Lulusan
B. DASAR
HUKUM
Berdasarkan dari kondisi obyektif yang
ada, maka dipandang perlu untuk menyusun Program Kerja Waka Kurikulum perlu
keterpaduan langkah dalam pelaksanaannya serta pengalaman dari tahun ke tahun
sebelumnya dengan cara memperhatikan faktor pendukung dan faktor penghambat
untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran berpedoman pada peraturan
perundang-undangan yang berlaku antara lain :
1.
UUD 1945
2.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang
Sisdiknas
3.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan
4.
Permendiknas No. 19 Tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
5.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006
tentang Standar Lulusan
6.
Permendiknas No. 23 Tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Lulusan
7.
Permendiknas No. 24 Tahun 2006
tentang Aturan Pelaksanaan SL dan SKL
C. TUJUAN
Tujuan Penyusunan Program Kerja ini adalah :
- Memberi arah yang tepat tentang hasil yang ingin dicapai secara umum
- Memberi Pedoman dan sekaligus alat ukur tentang pelaksanaan program.
- Mmeberi kepastian tentang pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab keluarga madrasah tentang kegiatan pengajaran.
- Dapat memanfaatkan secara optimal seluruh komponen – komponen madrasah untuk mencapai prestasi maksimal.
D. VISI,
MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
Untuk
merealisasi Pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBS)
yang bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan madrasah melalui pemberian
kewenangan. Keluwesan dan sumberdaya untuk meningkatkan mutu madrasah, maka
diperlukan perumusan sarana program yang jelas dan mengacu pada VISI, MISI dan
TUJUAN Madrasah.
1.
Visi
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti:
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat
cepat; era informasi dan komunikasi;
serta berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu
madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MTs. Al Raisiyah
Sekarbela sebagai salah satu lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab moral
yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan
dalam Visi Madrasah sebagai berikut: bertaqwa, bermanfaat dan
mandiri.
2.
Misi
a.
Memperdalam pemahaman terhadap Al Qur’an.
b.
Mengembangkan ilmu Nahwu sebagai ilmu alat.
c.
Membina akhlakul karimah melalui majelis ta’lim, pengajian,
dan tahssus.
d.
Melaksanakan pendidikan terpadu
dan berkelanjutan
e.
Memberikan bekal keterampilan dan kemandirian
santri melalui kegiatan koperasi, kerajinan emas mutiara, dan bidang
elektronika.
f.
Meningkatkan mental dan kepribadian santri melalui
kegiatan kepramukaan, bela diri, kesenian dan lomba bakat.
3.
Tujuan
a.
Membentuk santri/santriwati yang
memiliki pemahaman terhadap Al Qur;an dan ilmu Hadits.
b.
Membentuk santri/santriwati yang
memiliki pemahaman terhadap ilmu nahwu.
c.
Membentuk santri/santriwati yang memiliki
akhlaq yang mulia
d. Meningkatkan prestasi
santri/santriwati di bidang pendidikan
e. Membentuk
santri/santriwati yang terampil dan mandiri
f. Membentuk santri dan
santriwati yang memiliki mental dan kepribadian terpuji.
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Program kerja ini dibuat agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan
sesuai dengan tujuan yang akan dicapai sekaligus sebagai pedoman bagi Waka
Kurikulum dalam melaksanakan tugasnya.
B.
SARAN
Agar program kerja ini dapat dilaksanakan maka penyusunannya harus mengacu
pada rencana strategis jangka pendek yang ingin dicapai oleh madrasah dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku serta kondisi riil madrasah.
No comments:
Post a Comment